Langsung ke konten utama

ETNOGRAFI PAPUA mengenal Suku Mbaham-Matta ( Fakfak,Papua Barat )


Hasil gambar untuk fakfak


1.SISTEM BAHASA  :

Fakfak adalah salah satu kabupaten tertua yang ada di propinsi papua barat.mengenal system bahasa yang ada di kabupaten fakfak,fakfak sendiri terdiri dari dua suku besar yaitu suku Mbaham dan suku Matta begitu juga dengan bahasa,suku fak fak sendiri menggunakan dua bahasa yaitu bahasa yang di gunakan oleh suku Mbaham ( bahasa Mbaham ) dan suku MAtta (menggunakan bahasa IHA ) namun di samping kedua suku besar tersebut terdapat juga suku-suku kecil dengan bahasa mereka sendiri.kebanyakan mereka suku-suku kecil tersebut mereka yang mendiami daerah pesisir kabupaten fakfak,perbedaan bahasa oleh suku-suku kecil tersebut dapat terjadi karena pembagian wilayah menurut Petuanan atau Raja – raja.
                       
Berikut nama petuanan dengan bahasa nya masing-masing  :
                         
·        Petuanan Raja Fatagar menggunakan bahasa Onin

·        Petuanan Raja Rumbati  menggunakan bahasa Rumbati

·        Petuanan Raja Patippi menggunakan bahasa Patippi (distrik Patippi )

·        Petuanan Raja Wertuar ( Distrik Kokas ) menggunakan Bahasa Iha dan Bahasa kokas (bahasa Sekar )

/div>
·        Petuanan Pikpik-Sekar Menggunakan bahasa iha dan bahasa Sekar ( bahasa Kokas )

·        Petuanan Arguni kokas Menggunakan bahasa Arguni kokas.


2.SISTEM RELIGI DAN KEPERCAYAAN  :

Sistem kepercayaan masyarakat adat di kabupaten fakfak ( suku Mbaham-Matta ) sejak zaman dahulu hingga kini masyarakat masih mempercayai Arwah para leluhur yang di percaya hingga saat ini masih ada.dan selalu menjaga mereka,bagi mereka arwah leluhur tersebut itu selalu ada dan mendiami atau menjaga tempat-tempat yang di anggap keramat oleh warga masyarakat misalnya : Pohon – Pohon besar yang di anggap berpenghuni oleh arwah nenek moyang,ataupun sungai dan danau yang di anggap mistis.
Namun dewasa ini masyarakat yang sudah menerima peradaban dan memiliki keyakinan Agama seperti masyarakat di papua barat lainya yaitu : Islam,Kristen Katholik dan Kristen Prostestan.


3.SISTEM SOSIAL DAN KEKERABATAN  :

Bila di kaji dari aspek social dan kekerabatan maka suku fakfak adalah contoh dan teladanya. bagi masyarakat yang lain yang ada di papua atau Indonesia pada umumnya,betapa tidak sebab kalau ki berbicara mngenai kekerabatan maka di fakfak di kenal dengan istilah “ SATU TUNGKU TIGA BATU “ apa itu satu tungku tiga batu.filosofinya adalah masyarakat suku fakfak walaupun mereka berbeda keyakinan namun mereka tetap satu leluhur atau mempunyai nama besar atau marga yang sama misalnya ada Marga A yang beragama Islam tapi ada juga saudaranya marga A yang beragama Kristen Katholik dan Kristen Protestan.
Begitu juga dengan system social lainya contohnya jika saudara mereka yang muslim ingin membangun masjid maka saudara mereka yang beragama Kristen prostestan dan katholik harus hadir,begitu juga ketika pembangunan Gereja maka saudara yang muslim juga harus hadir.
Toleransi beragama di fakfak itu selalu terjaga hingga kini sebab dengan perbedaan tersebut telah mentatkan mereka semenjak zaman nenek moyang mereka.

Hasil gambar untuk fakfak
 Masjid tua Patimburak,yang merupakan jejak penyebaran Agama Islam di Tanah Papua.dan juga menjadi simbol kekerabatan antar masyarakat di fakfak,hal tersebut dapat terlihat dari Desain artektur baguanan Masjid.
4.sistem mata pencaharian hidup :

Suku fakfak adalah suku yang mendiami dataran tinggi di selatan pulau papua,maka sebagian besar masyarakatnya bermata pencahrian sebagai petani, berkebun dan nelayan masyarakat adat menggantungkan hidupnya dari hasil kebun,sebab komoditas utama dari kabupaten fakfak adalah Buah pala yang di ketahui itu merupakan rempah-rempah yang di cari oleh bangsa barat semenjak zaman dahulu.


5.sistem struktur masyarakat atau paruh/keamanan :

System keamanan suku masyarakat fakfak adalah di setiap kampun ada yang namanya wakil kampung dan kapitan itu mereupakan jabatan adat bagi mastarakat kampung misalnya kapitan ( jabatanya sama dengan kepala kampung serta wakil dan orang tua tujuannya agar dapat menyelesaikan maslah yang muncul dalam masyarakat internal suku tersebut di kampung dengan cara-cara adat hal tersebut telah berjalan turun temurun hingga saaat ini.jika naik ke tingkat yang lebih tinggi juga ada yang namanya Raja di setiap petuanan dan juga Wernemen atau wakil raja.






6.sistem kepemimpinan :

Suku fakfak atau suku Mbaham-Matta pempunyai system kepemimpinan yang terstruktur mulai dari setiap petuanan yang di kepalai oleh Raja kemudian Wernemen ( wakil raja ) kemudian di setiap kampung ada yang namanya Kapitan (kepala kampung sekaligus menjabat sebagai kepala perang ) serta Wakil dan Orang Tua ( fungsinya adalah sebagai penasehat dalam hal penyelesaian masalah adat.itu adalah jabatan-jabatan adat oleh suku fakfak yang ada di kabupaten fakfak.

7.sistem kesenian  :




Kesenian suku fakfak,masyarakat fakfak mempunya beberapa tarian-tarian seperti Tari Sawat,tari Lakadinding tari itu sering di gunakan untuk tari penyabutan tamu – tamu yang datang  dan tari Tum’or  itu merupakan tarian perang.

Ada juga alat – alat kesenian pada masyarakat suku fakfak seperti : Rebana,Tifa dan suling serta kulit Siput.

Hasil gambar untuk fakfak


Objek wisata Peninggalan Zaman Prasejarah di Distrik Kokas Kabupaten Fakfak


Situs Purbakala Kokas adalah situs purbakala yang terdapapat di Kokas, Fakfak Papua Barat. Di tempat ini ditemukan berbagai cap tangan berwarna merah yang terlukis pada dinding-dinding batu di tebing dan gua yang terletak di pinggir laut. Objek wisata arkeologi ini dikenal sebagai situs purbakala Kokas atau oleh masyarakat setempat biasa disebut dengan nama Tapurarang. Karena warna merah pada lukisan cap tangan di tebing tersebut menyerupai warna darah manusia, masyarakat setempat juga sering menyebut Tapurarang sebagai lukisan cap tangan darah.[1]
Cap-cap tangan yang ditemukan di Kokas memiliki kemiripan dengan beberapa lukisan dinding seperti yang terdapat di Sangkulirang (Kutai Timur, Kalimantan Timur) atau di Gua Leangleang (Maros, Sulawesi Selatan). Di Distrik Kokas, Tapurarang yang merupakan kekayaan peninggalan zaman pra sejarah ini bisa dijumpai di beberapa tempat antara lain di Andamata, Fior, Forir, Darembang, dan Goras. 







Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Situs_Purbakala_Kokas
          M.y Kabes.2015.Makalah Etnografi Papua_Suku Fakfak
          https://www.youtube.com/
           https://youtu.be/Jc18r_W237I
           https://youtu.be/EoJZFl_BiQc



Komentar

  1. apakah benar yang ditampilkan dalam video tentang tarian fakfak ini adalah tarian tumuor? tolong dicek lagi,

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Asuhan Keperawatan Klien dengan Pneumonia

TUGAS KEPERAWATAN ANAK DENGAN GANGGUAN SISTEM PERNAFASAN P N E U M O N I A DOSEN PENGAMPUH :NS. Maylar Gurning ,S.Kep .,M.Kep DiSusun Oleh KELOMPOK II MUHAMAD YUSUF KABES NIM.201502094A NAMA : SICILIA F. ALFRIDA NIM : 201502113A YAYASAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PAPUA (YPMP) SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN SORONG 2017 KATA PENGANTAR Segala  puji  hanya  milik  Allah SWT. .  Berkat  limpahan  dan rahmat-Nya penyusun  mampu  menyelesaikan  tugas  makalah ini guna memenuhi tugas Mata Kuliah   “ Keperawaatan Anak ”. Adapun makalah ini berjudul “ Pneumonia” . Dalam penyusunan makalah ini, tidak sedikit hambatan yang penulis hadapi. Namun penulis menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan makalah ini tidak lain berkat bantuan dari berbagai pihak, sehingga kendala-kendala yang penulis hadapi teratasi. Penulis menyadari bahwa...

Laporan Pendahuluan Angina Pektoris

LAPORAN PENDAHULUAN ANGINA PECTORIS Browse »   Home   »   Laporan Pendahuluan Asuhan Keperawatan Lengkap   » LAPORAN PENDAHULUAN ANGINA PECTORIS   ANGINA PECTORIS A.       DEFINISI Angina pectoris adalah nyeri hebat yang berasal dari jantung dan terjadi sebagai respon terhadap supalai oksigen yang tidak adequate ke sel-sel miokardium. Nyeri angina dapat menyebar ke lengan kiri, ke punggung, ke rahang, atau ke daerah abdomen (Corwin, 2009) Angina pectoris ialah suatu sindrom klinis di mana pasien mendapat serangan dada yang khas, yaitu seperti ditekan atau terasa berat di dada yang seringkali menjalar ke lengan kiri. Sakit dada tersebut biasanya timbul pada waktu pasien melakukan suatu aktivitas dan segera hilang bila pasien menghentikan aktivitasnya (Mansjoer dkk, 2007) Angina pectoris adalah suatu syndrome yang ditandai dengan rasa tidak enak yang berulang di dada dan daerah lain sekitarnya yang berkait...